d60pc.com website

d60pc.com website


Ulang Tahun Google ke 11

Posted: 27 Sep 2009 07:23 PM PDT

Kemarin pada tanggal 27 September 2009 jika anda membuka situs Google maka akan mendapatkan tampilan logo Google yang tidak seperti biasanya. Tulisan Logo Google hari itu menjadi “Googlle” (dengan double ll maksudnya 11) ini artinya Google hari ini merayakan ulang tahung yang ke 11.

Namun Raksasa internet Google seperti tak yakin dengan hari ulang tahunnya sendiri. Mulai dari kerjasama pertama Larry Page - Sergey Brin di Januari 1996, pendaftaran nama domain Google di 15 September 1997 atau mulainya perusahaan 7 September 1998. Pastinya, Google kerap merayakan pada 27 September atau 'tergantung kapan karyawan mau makan kue'.

Google menemukan hampir semua jawaban di internet. Mesin pencari Google hadir dalam 116 bahasa mulai dari Afrikaans hingga Zulu

Inilah yang disebut impian Amerika. Semua bermula di kamar kontrakan mahasiswa. Kini saham Google bernilai milyaran Dollar, 20 kali lebih tinggi nilainya dari General Motors atau gabungan saham Coca Cola dan Yahoo, saingan Google. Lagu “Google Me" juga sempat hadir tangga lagu populer Amerika Serikat.

Dua mahasiswa Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin, berusia awal 20-an, 10 lalu sepakat mencari kemungkinan untuk memilah informasi yang relevan dari samudera data yang nyaris tanpa batas. Pada tahun 1997, Page dan Brin mendaftarkan domain mereka Google.com. Setahun kemudian, pada tanggal 7 September 1998, perusahaan Google resmi didirikan dan mesin pencari Google mulai dioperasikan.

Lima setengah tahun lalu Google masuk bursa saham, dengan harga emisi perdana 85 Dollar. November tahun 2001 lalu, nilai saham Google per lembarnya lebih dari 740 Dollar. Walau pun nilai kurs Dollar merosot drastis, euforia terhadap Google masih sangat besar.

Penyemangat bursa saham Jim Cramer, memprediksi saham Google dalam waktu dekat akan berkisar pada 750 Dollar. Perusahaan yang awalnya didirikan oleh dua mahasiswa, kini berkembang menjadi perusahaan multinasional dengan jumlah karyawan hampir 20 ribu orang. Ukurannya yang besar itu dapat memicu kecemburuan dan Google dapat terhambat batas pertumbuhan, kata Scott Kessler, analis internet dari perusahaan Standar & Poor’s.

"Menurut kacamata analis internet, sangat sulit memperkirakan bagaimana sebuah perusahaan dapat mempertahankan pertumbuhannya tanpa mengalami kerugian. Pertanyaan berikutnya adalah apakah ukuran Google justru menghambatnya dalam menguasai pangsa pasar, karena para pesaing menghambatnya," ujar Kessler.

Kunci kesuksesan Google adalah memenangkan orang paling berbakat di bidangnya. Yahoo atau Microsoft dianggap tidak keren. Google berhasil merebut hati jenius-jenius muda.

Para pekerja Google diperbolehkan membawa binatang peliharaannya ke kantor, menggunakan sepatu roda di sepanjang selasar ruang kantor. Jam kerjanya pun termasuk sangat fleksibel menurut standar kerja Amerika Serikat, selama performa kerjanya mendukung. Di kantin Google, disediakan sushi hingga salad tahu khas Jepang. Semua makanan yang disajikan gratis. Tidak heran, sudah bertahun-tahun Google menjadi salah satu perusahaan di Amerika Serikat yang paling dicintai karyawannya.

Keberhasilan dapat berubah menjadi kelemahan terbesar. Bagaimana Google hendak melanjutkan pertumbuhan yang amat pesat? Jawabannya, menjaring pasar lokal. Perusahaan yang menyajikan informasi dari seluruh dunia ke setiap rumah, kini ingin mengeruk uang di pasar lokal. Scott Kessler mengatakan, "Percobaan kontroversialnya adalah lokal. Sejak lama Google berusaha untuk menguasai pasar iklan lokal. Tapi mereka belum menemukan kiat bagaimana mengeruk uang dari sektor tersebut, walau pun konsep seperti Google Earth atau Google Local sudah disediakan khusus untuk itu."

Di tahun 2006, Google mengalahkan Microsoft dalam mengakuisisi portal video "Youtube" dengan harga 1,65 miliar Dollar.

Kita semua rasanya juga harus mengucapkan selamat Ulang Tahun Untuk Google. Karena Google telah mengubah dan memberikan begitu banyak ilmu untuk kita. Kini kita tidak lagi tertinggal informasi dan ilmu, karena semuanya dapat kita cari di Google

Google History : http://www.google.com/corporate/history.html

Related Post

0 comments: